Penyebab Penyakit Stroke Ringan

Secara garis besar, penyebab penyakit stroke ringan adalah pola hidup yang kurang sehat. Asupan makanan yang tidak seimbang hingga kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol yang berkebihan serta kurang aktivitas dan olahraga.

Penyebab Penyakit Stroke RIngan

Penyakit stroke ringan maupun stroke berat memang lebih umum terjadi pada orang yang sudah memasuki usia lanjut. Meski demikian, kebiasaan buruk yang saat ini sering dilakukan ( di usia muda ) sangat mempengaruhi atau dapat menjadi salah satu penyebab stroke ringan di masa tua nanti.

Oleh sebab itu, mulailah dari saat ini untuk merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan memperbaiki asupan makanan, rajin olahraga serta kurangi atau berhenti meroko dan konsumsi alkohol.

Baca Juga : Gejala Stroke Ringan Dan Pencegahannya

4 Penyebab Penyakit Stroke Ringan

Secara umum, stroke ringan terjadi akibat asupan makanan dan kebiasaan buruk yang dapat merusak pembuluh darah, diantaranya :

  1. Merokok
    Salah satu penyebab stroke ringan adalah kebiasan merokok terutama yang berlebihan. Hal tersebut karena roko memiliki kandungan nikotin. Asap dari rokok yang mengandung nikotin di hisap dan masuk ke paru paru dan kemudian dikirim ke jantung. Nikotin tersebut dapat menyebabkan saluran darah ke otak mengalami penyumbatan dan memicu serangan stroke.

  2. Garam
    Garam adalah salah satu pemicu stroke ringan. Kelebihan garam pada tubuh dapat memicu naiknya tekanan darah. Seperti halnya merokok, kandungan garam juga dapat memicu terjadinya stroke ringan. Bermula dari berlebihnya garam yang dikonsumsi oleh tubuh. Garam yang berlebih akan meningkatkan pasokan darah ke semua jaringan pembuluh darah, tidak terkecuali ke pembuluh darah otak.Peningkatan debit pengaliran darah tidak diimbangi oleh elastisitas pembuluh darah. Jika pembuluh darah otak tidak dapat mengalirkan debit darah yang besar, maka dapat terjadi pecahnya pembuluh darah di otak. Pecahnya pembuluh darah dapat menghentikan pasokan darah ke otak.
  3. Obesitas
    Tanpa di sadari bahwa obesitas juga menurakan salah satu penyebab penyakit stroke ringan. pada umumnya obesitas ini terjadi akibat kurangnya memperhatikan pola makan yang sehat. Selain dapat memicu gangguan pada kinerja jantung, orang yang memiliki berat badan berlebihan dan tidak seimbang tentu memiliki kadar lemak dalam darah yang cukup tinggi. Hal ini dapat memicu sumbatan pada pembuluh darah.

  4. Komplikasi Ginjal
    Orang yang memiliki gangguan pada ginjal, lebih beresiko terkena serangan stroke. Dengan riwayat komplikasi penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes, maka penyakit stroke akan mudah menyerang.Pada saat organ ginjal tidak bekerja dengan benar, maka kinerja jantung juga akan bermasalah. Hal ini membuat pasokan darah tidak bisa mencapai otak. Akibatnya terjadi kekurangan suplai oksigen dan memicu peningkatan tekanan darah. Saat tekanan darah meningkat maka pembuluh darah dapat pecah dan menimbulkan efek stroke ringan.

Perhatihan Pantangan Makanan Untuk Penderita Stroke Ringan terutama bagi Anda yang saat ini tengah menjalani terapi pengobatan stroke ringan.

Penyakit stroke memiliki keterkaitan dengan yang lainnya seperti tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung maupun gangguan ginjal. Jika mengalami salah satu penyakit tersebut, maka tidak menutup kemungkinan akan terkena serangan stroke.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *